in web design

Saylow’s AWARD [Kategori Website Universitas]

Melihat desain beberapa website universitas diluar negeri seperti :
Boston College, Dartmouth College, Florida State University, Michigan State University, New Jersey Science & Technology University, University of Dayton, University of Denver, University of Massachusetts Amherst, University of Nebraska-Lincoln, Virginia Tech, Cornell University
ternyata sangat mengikuti perkembangan trend desain webiste sekarang ini seperti penggunaan huge-banner?, extreme-zoom portrait photo?, clean layout, long-cross color bar?, warna-warna creame yang dominan bahkan ICandy effect. Dengan tetap mempertahankan plain-design karena dalam desain sebuah website universitas yang cenderung menjadi sebuah portal bagi mahasiswa, dosen atau pihak-pihak akademis yang terkait. Informasi tidak hanya menampilkan “dagangan” dari universitas itu tapi juga menginformasikan event, news, website NJIT bahkan didukung dengan technologi podcasts yang selalu update.

Untuk menjadi selalu update mungkin gampang-gampang susah, karena biasanya website di universitas ditangani oleh Fak. IT-nya atau Lembaga/Divisi IT kampus itu, atau mungkin ditangan seorang dosen yang memiliki keponakan bisa desain website yang kebetulan masih duduk di bangku kuliah di universitas yang berbeda dan tentunya beda pulau juga hahaha.
Yupe! Redaksi! Perlunya membentuk Redaksi Website Universitas sangat penting. Mau dapat event terbaru caranya? Buat aja stiker tempel dipapan pengumuman kampus “Mau event kamu tampil di website kampus? kirimkan ke redaksi@UICG.edu” (Universitas Iban Chi Gen) hahahaha.

Ahk malas bahas content, bahas desain aja ahk. Dengan mengesampingkan content website universitas yang ada gwa akan memberikan AWARD kepada website-website universitas yang menurut gwe website universitas yang dengan lapang hati memperhatikan desain homepagesnya sehingga kelihatan cukup mengikuti perkembangan trend website saat ini. Website di capture dengan Screen grab! 0.7 a Firefox Extensions, tanpa melakukan test apakah website itu bekerja atau tidak. Penilaian hanya berdasarkan “First Page Viewed“. Website yang masuk nominasi adalah terbaik dari yang terlumayan, yang lainnya sedang dan sisanya peninggalan jaman purba.

Nominasinya adalah :

1. ITB – Institut Teknologi Bandung.

ITB


2. ITS – Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

ITS


3. Petra Christian University Surabaya.

PETRA


4. UII – Universitas Islam Indonesia.

UII

5. UGM – Universitas Gadjah Mada.

UGM

6. UNPAD – Universitas Padjadjaran.

UNPAD

7. USD – Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

USD

8. UPI – Universitas Pendidikan Indonesia.

UPI

9. Univesitas Andalas.

Universitas Andalas

……………and Saylow’s Award Goes to….


UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI)

saylow's AWARD [Kategori Univesitas]

Bagi pihak-pihak yang tidak puas akan keputusan dewan juri, BIKIN AWARD-mu SENDIRI!

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

16 Comments

  1. Seperti saya bilang diatas : “Website yang masuk nominasi adalah terbaik dari yang terlumayan, yang lainnya sedang dan sisanya peninggalan jaman purba.” hahaha!

  2. karena biasanya website di universitas ditangani oleh Fak. IT-nya atau Lembaga/Divisi IT kampus itu, atau mungkin ditangan seorang dosen yang memiliki keponakan bisa desain website yang kebetulan masih duduk di bangku kuliah di universitas yang berbeda dan tentunya beda pulau juga hahaha.

    hehehe…gimana klo kalimatnya jadi begini:
    “… atau mungkin ditangan seorang dosen yang memiliki temen jago desain website meski tidak duduk lagi dibangku kuliah dan tentunya beda pulau…”

  3. Sebelumnya terima kasih kepada saylow buat awardnya, Kepada Tuhan
    YME saya benar2 bersyukur, terima kasih kepada rekan2 tim
    pembuat website UPI, para dosen UPI, mahasiswanya yg penuh
    apresiasi, rajin, tidak sombong, suka menabung, dll, terima kasih
    juga saya haturkan kepada semua pihak yang telah mendukung, dan
    semoga dengan penghargaan ini dapat memacu motivasi kita semua
    untuk lebih baik….
    (mang gw yang bikin website UPi? weks bukan deng!? hehehe…)