in Tech

Gestures adalah Masa Depan


Konsep teknologi adalah pengembangan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya (wikipedia) atau mempermudah keterbatasan, mengurangi materi memaksimalkan fungsi kalau boleh dibilang seperti itu.

Seorang teman pernah melontarkan pertanyaan dari sebuah diskusi, karena melihat hampir semua hayalan kita tentang masa depan sedikit-demi sedikit sudah terwujud. Seperti apa teknologi yang paling terbaru yang bisa diwujudkan manusia? Mimpi yang sama dimiliki oleh manusia gua tentang roda. Meminimalisir hardware yang kita gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari adalah impian. Tidak ada lagi mouse, keyboard, scanner, laptop ataupun handphone, benda-benda fisik. Sebuah interface yang mampu menghubungkan dunia fisik dengan dunia maya dengan hanya menggunakan gestures (isyarat/gerat) tubuh.

SixthSense

SixthSense, adalah sebuah wearable gestural interface mungkin bahasa Indonesianya alat komputer yang dipake, pecun kalee dipake hihihi alat ini menghubungkan dunia nyata disekitar kita dengan informasi digital dan hebatnya hanya dengan menggunakan pergerakan tangan. Dengan menggunakan sebuah kamera, projector kecil, cermin, selotip dan sebuah phonsel yang digantung di leher layaknya sebuah gantungan kalung dengan kisaran harga $ 350.

SixthSense, melihat apapun yang kita lihat dan secara visual mengenali/berkomunikasi setiap permukaan atau object di depan kita. SixthSense, menampilkan informasi di depan mata kita dengan menggunakan media apapun seperti kertas, tembok bahkan tubuh manusia.
Adalah Pranav Mistry seorang ilmuan MIT yang mengembangkan teknologi ini, dan yang bikin lebih keren teknologi ini akan di distribusikan secara open source.

Kemampuan lain dari teknologi ini dalam gambar :
1. Membuat Illustrasi di layar tembok.

2. Menelusuri Peta.

3. Mengoperasikan Telephone.

4. Menonton Video berita terkait di koran.

5. Membaca product review.

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Untuk prototype alat ini menghabiskan biaya biaya US$ 350, bayangkan kalo sudah diproduksi masal, bisa lewat tuh iphone dan BB. Tapi ya kita tunggu saja siapa vendor yang bakal ngambil dan mematenkan teknologi ini 🙂