in Uncategorized

Distribusi Music Indie di Internet

Beberapa hari yang lalu dapet link The best Myspace Music oleh Rolling Stone, ternyata tidak semua music dari list itu bisa diterima telinga gwa baik dari qualitas file dan selera. Oh ya di list itu juga ada band asal Indonesia yaitu White Shoes and The Couples Company.

Yang tak masukin playlist diplayer cuma :

1. An Pierl? & White VelvetHow Does It Feel (Love it so much)
2. Band MarinoEvery Time I Make a Girl Cry I Know I’ve Done My Job (dudu… dudu…)
3. Bill Watercolors
4. CoupleNow That I Can See
5. The Voom BloomsThoughts of Rena

Mungkin dari kebanyakan dari band-band itu nggak nyangka bisa masuk list “Rolling Stone Declares the 25 Best Bands on MySpace” so apa yang dilakukan oleh band/musisi itu? Mereka melakukan distribusi demo music mereka di Internet lewat MySpace.Com ada orang-orang yang aktif dibelakang profile-profile Social Network seperti myspace, friendster, dll. Memanfaatkan media internet alternatif sebagai alat bantu distribusi adalah mutlak bagi musisi/band pendatang baru atau yang memutuskan untuk stay di Indie.
Meng-upload demo/full music ke media-media tersebut sangat berpengaruh, option “listen only” atau “download-able” juga berperan penting. Melihat beberapa profile myspace musisi/band dalam negeri kebanyakan masih belum mengupload sample music mereka, kebanyakan hanya memajang photo-photo anggota band. Kalaupun ada yang upload musicnya tapi dengan mode “listen only” kaga bisa di download. Kadang ini menyebalkan, melihat kondisi kwalitas koneksi internet buat streaming khan lama aja nunggu loadnya, mending di download terus bisa didenger sepuasnya di mp3 player terus bisa nunjukin ke temen-temen “eh ada lagu bagus nih punya band “ini” kita cari caset/cd-nya yuk” Aha!

Ok, kalau karena alasan takut music kamu dibajak, disebarluaskan tanpa loyalti dll (*preklah! sok tenar), upload demonya jadi ketika sehabis reff lagunya di fade-out terus selesai sudah cukup kok buat orang bisa tahu music band kamu. Berikan sedikit petunjuk kayak apa sih music band kamu, masak cuma bisa nebak dari gaya fashion kamu yang aduhai itu hahahaha. Jadi Upload Sekarang!

MySpace.com sebenarnya cukup memadai untuk menampung kebutuhan profile social network seorang musisi/band cuma layout default-nya biasa saja dan sangat tidak menarik, untuk membuatnya menarik? Maka MySpace memberikan kebebasan untuk melakukan customize profile tapi apa yang terjadi? Sedikit sekali yang mampu dan berhasil membuat profile mereka nampak lebih baik, yang ada background yang segede gaban mendorong browser sampai 5 kilometer ke kanan, atau dengan animasi flash/gif yang sumpah norak!, atau sampai-sampai menghilangnya fungsi-fungsi standart di MySpace. Fiuh…! Please dong ahk expresi sih expresi…fungsional itu penting bapak! Cuma keuntungannya pengguna MySpace.com sudah sangat banyak sekali usernya jadi untuk beberapa orang tampilan nggak penting yang penting karyanya, ok setuju. TAPI! Ahk sudahlah… Sudah pernah coba? PUREVOLUME.COM fasilitas yang ditawarkan lebih cenderung ke profile musisi/band seperti Music Player by playlist atau album, Billboard (memajang pengumuman/artwork terbaru), Photos, Blog, Show, Label, Statistic Profile, Fans, Friends dan Comment. Yang membuat purevolume.com menyenangkan karena format profile dibuat memiliki standar jadi mau lihat info nyaman nggak ribet nyari-nyari link. Sama seperti di myspace.com buat pendengar seperti saya di purevolume.com juga ada radionya atau player pribadi dgn playlist pribadi. So apasalahnya bikin profile social network di purevolume.com juga gratis ini.

Lagi ngumpulin link band-band indie di MySpace.com, tak taruh disini. Kalau ada yang mau nambahin sok atuh saya dikirimin linknya. Selamat men-download music “lain” buat telinga kamu yah, kasihan tuh telinga dengerin trio babi mulu! hahahaha

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.